Pertahanan

Post thumbnail

50 Tahun ASEAN, Kedamaian di Kawasan Laut China Selatan, Rakhine dan Marawi

Di kawasan Asean sendiri sebenarnya tengah terjadi dinamika hebat, pergolakan social dan ekonomi sebagai akibat tidak langsung dari perubahan kekuatan global yang ada di kawasan. Memang tidak ada terlihat secara nyata, apa pengaruhnya antara peristiwa Rakhine di Kamboja, dan Marawi di Filipina dengan munculnya China sebagai kekuatan ekonomi baru di kawasan. Memang tidak ada terlihat relevansi secara tidak langsung antara pergulatan kekuatan antara China dan Amerika di Laiut China Selatan serta antara China dengan Amerika terkait test Rudal Korea Utara. Tapi memang terasa keberadaannya.

Continue Reading
Post thumbnail

Pertahanan, Heli AW 101 Semangat Memperkuat Industri Pertahanan Sendiri

Harapan kita rencana pemerintah mandiri dalam produksi persenjataan dan memajukan industri pertahanan nasional harus dilaksanakan konsisten. Konsistensi tersebut menjadi tuntutan karena kita perlu terus mengembangkan kemampuan industri pertahanan nasional. Faktanya, kemampuan industry kita terus membaik, terbukti produk alat persenjataan kita juga diminati sejumlah negara.
Sesuai dengan Undang-Undang Industri Pertahanan sudah jelas mewajibkan pengguna dalam hal ini TNI, Polri dan Instansi terkait lainnya, untuk memakai produksi industri pertahanan nasional apabila sudah bisa diproduksi di Indonesia.

Continue Reading
Post thumbnail

Dialektika Pertahanan: Langkah dan Isyarat Jokowi

Menentang arus terbuka atau tersembunyi di bawah permukaan yang menganggap Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian- yang agaknya dengan persetujuan Presiden Jokowi-“terlalu mengalah” ketika bersedia mengakomodasi tuntutan para pemimpin Aksi Super Damai 212 untuk tetap berunjuk rasa. Penulis mendapat banyak pertanyaan bernada gugatan dari media internasional tentang Polri yang “menyerah” (give in) kepada orang-orang yang mereka sebut garis keras yang ujung-ujungnya ingin mengubah Indonesia menjadi “negara Islam” (daulah Islamiyah) atau khilafah.

Sebaliknya, pihak terakhir ini juga bersedia melakukan aksi yang dipusatkan di dalam lingkungan Monas. Mereka juga bersedia mengubah substansi yang semula merupakan aksi protes menjadi doa, zikir, tausiah, dan shalat Jumat bersama.

Continue Reading

Perompak Di Perairan Sabah, Sorganya Penculik Sandra Abu Sayyaf

Untuk ke sekian kalinya warga Indonesia di culik atau jadi Sandra di perairan Sabah, Malaysia. Bagi kelompok Abu Sayyaf, warga Negara Indonesia adalah Sandra yang empuk dan gampang di jadikan uang. Beda kalau menyandra warga Malaysia, mana urusannya bisa bertele-tele, sudah itu banyak warga “Filipina” di Sabah yang ikut kena imbasnya. Warga Indonesia? Sungguh beda, culik tunggu dua minggu, uang masuk, selesai. Kejadian terahir ini, kurang lebih kronologinya begini. pada pukul 16.00, Sabtu 19 November, kapal ikan Malaysia diawaki 13 ABK yang seluruhnya WNI disergap. Sejumlah perompak naik ke kapal dan meneliti mana calon Sandra yang empuk

Continue Reading

Indo Defence 2016 Membaca Industri Pertahanan Dunia

Juga dimeriahkan oleh berbagai perusahaan papan atas dunia, seperti Boeing Defence Space & Security, Airbus Group, BAe System, Thales, SAAB, dan Lockheed Martin. Hal ini menunjukkan bobot dari penyelenggaraan pameran industri pertahanan berskala internasional ini. Di samping itu, jumlah peserta pada kegiatan dua tahunan ini terus naik; tahun 2014 ada 672 peserta dan tahun 2012 ada 603 peserta. Harapannya akan jadi yang terbesar dari event sejenis yang ada. Kita kerja keras untuk itu, tutur Jan, yang adalah Direktur Teknologi Industri Pertahanan, Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Continue Reading
Post thumbnail

Mensinergikan Poros Maritim Dengan Pembangunan Perbatasan

Indonesia telah mengenal Pembangunan dengan pola Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang kalau disederhanakan gambarannya adalah membagi negara kepulauan ini menjadi 6 Koridor pembangunan regional yang mandiri dan sekaligus terintekrasi dengan satu sama lain. Artinya pembangunan infrastrukturnya dilakukan sesuai dengan dinamika yang ada sesuai dengan kebutuhan riel yang ada di koridornya masing-masing. Diharapkan perkembangan di masing-masing koridor nantinya akan memicu sinergi antar corridor dan yang akan menjadikannya sebagai kekuatan perekonomian bangsa. Konsep ini jelas membutuhkan waktu lama dan juga tanpa control yang baik, rawan dengan berbagai penyalah gunaan anggaran yang membuat banyak program-programnya “mangkrak” dengan sendirinya.

Continue Reading

Pertahanan Mengawal Pembangun Kawasan Bisnis Kupang , Timor Leste  dan Darwin

Pengembangan Kawasan Bisnis Kawasan
Timor Leste sejak tahun 2014 sudah bertekat akan mengembangkan Oecussi menjadi Zona Pasar Khusus atau Special Social Market Economy Zone (ZEESM) yang bisa menarik para penanam modal dari wilayah sekitarnya. Karena itu mereka harus memulainya dengan membangun sarana jalan, jembatan, pelabuhan mulai dari Sacato-Lifau, pusat pembangkit listrik, hotel dan sarana perumahan direncanakan akan dimulai pada tahun 2015. Saat penulis ke Winni sudah ada 4 BUMN Indonesia yang ikut ambil bagian dalam pembangunan Infrastruktur tersebut.

Continue Reading