Contact Us

Contact Us

 

abukua

Anda bisa kontak saya lewat email: harmenbatubara@gmail.com

Yang enak itu adalah kalau anda mengerjakan pekerjaan yang anda senangi. Ya kan? Kalau pekerjaan itu memang kita senangi tentu saja kita tidak merasa tertekan dalam melakukannya; malah sebaliknya sangat senang, dan senang. Saya pernah hidup dalam disiplin militer..disiplin TNI..sungguh… kalau seseorang tidak senang jadi militer maka percayalah, hidupnya akan tertekan, kering sampai mati. Bayangkan..rutinitasnya luar biasa..anda sudah harus bangun sejak jam 04.00 pagi, mungkin anda mempersiapkan segala sesuatunya, sholat, sarapan dan kemudian ke lapangan, ke tempat apel pagi.Anda sudah harus di sana 15 menit sebelum jam apel, tepatnya jam 07.00; prosesnya akan terus berjalan, bagai air mengalir.

Waktu apel memerlukan waktu sampai setengah jam; kemudian diikuti oleh senam pagi; latihan fisik; latihan ketrampilan dll. Barulah setelah jam 10.00 rutinitas itu selesai, untuk dilanjutkan dengan kegiatan sesuai tugasnya masing-masing dan semua itu sampai jam 14.30 untuk kemudian memasuki apel siang. Tugas itu belum akan habis, barulah nanti setelah apel malam jam 21.00 tugas hari itu dianggap selesai. Anda bisa bayangkan; betapa ketatnya jadwal yang dijalani oleh seorang prajurit; dan jelas semua prose situ akan membuat mereka “matang” dalam pengabdiannya. Saya telah melewati itu selama 30 tahun dan sungguh saya sangat menikmatinya.

Penetapan dan Penegasan Batas Negara

penetapan batas negaraBuku ini menjelaskan bagaimana sejarahnya batas-batas negara itu ditetapkan oleh pemerintahan kolonial dan kemudian ditegaskan kembali oleh kedua negara yang bertetangga setelah merdeka. Bagaimana negara menyusun organisasi penanganan penegasan perbatasan. Indonesia mempunyai perbatasan dengan sepuluh negara tetangganya. Dari kesepuluh itu ada tiga diantaranya yang mempunyai batas darat dengan Indonesia, yakni dengan Malaysia, Papua New Guinea dan Timor Leste. Tetapi setelah 35 tahun lebih melakukan penegasan batas ternyata sampai sekarang belum ada satupun yang sudah selesai. Ada apa sebenarnya masalahnya?
Buku ini akan memberikan insight atau cara pandang yang khusus bagi kalangan mahasiswa atau pemerhati perbatasan berlatar belakang Geodesi, maupun Geografi bahkan dengan para mahasiswa hubungan Internasional terkait bagaimana batas itu ditetapkan, ditegaskan, dan bagaimana batas ini di negosiasikan atau dirundingkan. Juga yang tidak kalah menarik adalah bagaimana batas itu dikembangkan dari sisi perekonomiannya; penataan ruangnya dan pertahanannya. Juga sangat pas bagi para pemegang kebijakan atau pejabat yang terkait penanganan perbatasan. Buku ini menjelaskan secara runtun terkait penetapan dan penegasan kembali perbatasan itu.

– Harmen Batubara                                         BELI DISINI

Tapi masa itu sudah berlalu, kini saya adalah seorang penyaji informasi, maksudnya bukan hanya sekedar Blogger. Banyak sahabat yang bertanya pada saya, bang? Apa sih enaknya buat site atau Blog  itu? Atau seperti ini. Bang Apakah abang dapat uang dari kegiatan seperti itu?  Sebenarnya sih itu suatu pertanyaan biasa. Terlebih lagi bagi mereka yang belum mengenal “sisi bisnis” di balik kegiatan blogging ini. Terus terang untuk sisi bisnisnya,kemungkinannya sungguh luar biasa. Hanya langitlah yang jadi pembatasnya.  saya mengambil “segmen” bukan hanya di dalam negeri tetapi di juga di luar Indonesia. Kalau mau lihat seperti apa? Lihat disini www.harmenbatubara.com atau www.bisnetreseller.com, saya membidik pasar ke Amerika dan Kanada atau ke manca negara.

Saya juga menulis itu sudah seperti hal yang harus, saya bisa menulis berjam-jam, sebaliknya saya tidak begitu enjoy kalau di suruh paparan. Meski dalam masa dinas saya selalu diberi tugas paparan ini, paparan itu paparan ini. Tapi itu dahulu. Kini saya jadi penulis buku: buku-buku terkait apa saja, tapi umumnya tentang perbatasan. Lihat buku-buku saya DiSINI atau Di Sini. Saya juga menulis dalam bidang affiliasi berbahasa inggeris lihat Di Sini.

Bagi saya dunia tulis menulis ini sebenarnya sudah bagian dari hidup saya. Sejak saya mahasiswa di tahun 1975-1979 an di Yogyakarta, saya sudah mencari uang dari menulis. Yah menulis di harian atau surat kabar. Pada masa itu belum ada, computer, yang ada baru mesin tik; itupun mesin tik kelurahan. Sebenarnya juga, menulis bukanlah bakat bawaan saya, jadi waktu itu menulis hanya semata-mata untuk cari uang. Bayangkan wesel saya waktu itu hanya sebesar Rp 1000 (seribu rupiah) perbulan, harga beras saat itu Rp30/kg. Sebagai mahasiswa, maka peluang cari uang yang terbuka adalah menulis ini. Jadi idenya waktu itu, hanya menulis..menulis..menulis dan menulis. Nyatanya setelah enam bulan bertapa dan mengasah kemampuan menulis; barulah tulisan saya dimuat di Koran dua mingguan “Komponen” Yogyakarta. Senangnya bukan main, honornya waktu itu Rp500; honor itu saya berikan pada anak pak lurah saya. Sungguh suatu kegembiraan tiada duanya.

Ketika Semua Jalan Tertutup Menulis Malah Memberiku Segalanya

penulis suksesBuku ini sejatinya adalah penggalan pengalaman kehidupan penulis sendiri terkait MENULIS. Menulis ternyata dapat membuka jalan baru bagi kelangsungan kehidupan disaat semua jalan seolah buntu. Menulis ternyata bila ditekuni dengan sungguh-sungguh dapat memberikan kehidupan yang tidak kalah menariknya. Sisi tersebut akan anda temukan di sini. Buku ini juga cocok bagi mereka yang aslinya memang seorang penulis atau mereka yang akan menjadikan menulis sebagai jalan hidupnya. Buku ini juga memperlihatkan dunia dot com, dengan berbagai celah dan peluang yang ada di dunia online dilihat dari sisi seorang penulis.

 BELI DI SINI

Dua minggu dari itu, tulisan saya dimuat oleh Sinar Harapan Jakarta, honornya Rp22.500. (bayangkan hampir 1000 kg/ satu ton beras). Sekarang Kompas hanya membayar tulisan yang sama antara 350.000 sampai 750.000 atau setara maksimal dengan 100 kg beras. Beda sekali kan? Nah waktu itu, boleh dikatakan hampir tiap bulannya saya mampu menghasilkan uang honor antara 22.500 sampai dengan 32.500/bulan. Bayangkan teman saya yang anak Bupati, weselnya satu bulan hanya 25.000 rupiah. Saya yang tadinya hanya berbekal sepeda butut dari pasar Pakualaman, dan mondok di pinggir Kalicode, Gondolayu, pada waktu itu bisa beli motor Honda C-70, dan tinggal di Jetisharjo persis di depan STM (FKT-Geologi UGM) waktu itu. Rasanya sungguh menyenangkan. Menurut saya itu suatu pencapaian yang tidak biasa.

Nah sekarang, setelah saya bebas tugas dari Militer, saya melihat peluang yang sama di dunia “bisnis informasi” website atau Blogging; teman saya misalnya seperti John Chow dari Canada, bisa berpenghasilan ratusan ribu dollar per bulan; begitu juga Michael David, Yaro starack; Stirling Stuart…dan masih banyak lagi…saya tidak bisa bayangkan…uang sebesar itu..makanya gaya hidup mereka memang gaya Live style dot Com, kerja dimana saja dan darimana saja…bisa dari jet atau Yacht pribadinya atau bisa dari resortnya…sungguh luar biasa… Hanya saja saya punya kesenangan dalam bidang  wilayah perbatasan dan sekarangpun Kemdagri masih menjadikan saya sebagai staf khusus mereka terkait perbatasan, maka saya buat www.wilayahperbatasan.com juga saya senang dengan pertahanan maka saya buat www.wilayahpertahanan.comdan juga www.kawasanperbatasan.com. Karena itu kalau ada kawan atau sahabat yang mau membangun “kerajaannya” di dunia maya…maka monggo mawon..mari kita berbisnis ke dunianya para pemilik uang di dunia ini…dan jangan lupa semua usaha itu hanyalah upaya, adalah doa, adalah bagian dari evaluasi…yang kesemuanya itu adalah wilayah kekuasaanNYA…tanpa restu sang Khalik maka percayalah tidak akan ada yang bisa terjadi…selembar daunpun…baru akan jatuh…kalau sudah ada izinNYA dari surga..

Ingin mencoba peruntungan dan berbisnis di internet? Atau ingin memiliki penghasilan dari bisnis internet tapi kemudian masih ragu atau belum punya gambaran untuk memulainya  dari mana? Atau sudah tahu cara memulainya, tetapi belum tahu produk apa yang mau anda coba? Kalau anda berpikir seperti itu? Memang cara yang paling cocok untuk anda memulainya adalah dengan cara bisnis affiliasi. Anda mencari produk yang baik dan di butuhkan orang. Beli produk tersebut dan sekaligus jadilah affiliasinya; jualkan produk tersebut, dan anda akan memperoleh komisi. Sederhanakan? Kalau mau mencobanya lihat Di Sini. Tapi sebaiknya coba belajar dahulu ilmunya. Kalau kau serius cobalah belajar ilmunya Di Sini. Pelajari dan Tekuni atau mau pelajaran Jeroannya coba Di Sini.

HILANGNYA AKAL SEHAT

Mengapa manusia hilang akal atau tidak memakai akal sehatnya? Sesuai dengan fakta, manusia itu cenderung untuk melakukan sesuatu yang disenanginya, termasuk tidak melakukan apa-apa sama sekali. Padahal semestinya,manusia itu harus melakukan apa apa yang memang seharusnya dia lakukan. Sukur kalau yang dia senangi itu termasuk bagian dari yang harus dia kerjakan. Tapi sering terjadi justeru serba tidak tahu dan bahkan tidak merasa perlu untuk tahu harus berbuat apa. Itulah sebenarnya yang harus dengan arif dipertanyakan. Kita harus dengan jujur mempertanyakan kualitas diri kita sendiri. Mengapa kita tidak tahu dan bahkan tidak berbuat apa-apa. Oleh para psikolog, penyebab utamanya adalah karena kita tidak mampu mendefenisikan Tujuan kita secara detail. Ketidak mampuan kita mendefenisikan tujuan secara detail inilah yang telah membuang dan mematikan peran akal sehat itu. Itulah sesungguhnya kunci persoalan kita. Kenapa kita tidak dan terkadang tidak mau atau tidak mampu mendefinisikannya secara realistis dan detail ? Jawaban mudahnya adalah ; kita memang tidak mau atau belum mau. Karena dengan mendefenisikan tujuan tersebut, akan membuat kita hidup terikat, hidup bertanggung jawab. Padahal secara mendasar, semua orang cenderung berbuat sesuatu tanpa harus terikat dan kalau bisa tidak harus menjadi beban apalagi harus mempertanggung jawabkan setiap langkah yang kita lakukan..

Saya juga Ada di Kompasiana

kompasiana

KLIK   DISINI

Para pebisnis atau praktisi bisnis seperti Robert Kiyosaki melihat upaya mendapatkan penghasilan atau malah membuat usaha yang mampu menghasilkan uang yang baik sebenarnya tidaklah susah. Berbuat sesuatu untuk memperoleh penghasilan yang layak atau banyak sebetulnya tidaklah sulit. Ibarat menanam pohon, kalau ada lahan, ada bibit dan ada pupuk maka prosesnya pastilah pertumbuhan. Kalau lahan sudah diolah, dikondisikan serta diberi gulma atau pupuk dan kemudian ditanam diatasnya bibit yang baik maka yang terjadi adalah pertumbuhan yang wajar. Ini adalah proses alam dan ini adalah hukum Tuhan. Hiduppun tidak obahnya seperti itu. Tetapi anehnya, tidak semua orang mengerti akan proses ini. Dan jangan lupa banyak orang yang tidak peduli dengan hal-hal seperti itu.

Kecenderungannya adalah, mereka olah lahannya, tanam bibitnya, tetapi tidak pernah mempertanyakan kualitasnya. Malah mereka tahu bahwa mereka hanya sekedar melakukannya karena memang harus demikian, karena kalau tidak mereka lakukan berarti mereka dicap sebagai pemalas.Intinya banyak pekerjaan itu dilakukan hanya demi sekedar memperoleh nama baik dan agar bisa diterima oleh lingkungannya. Kalau nanti hasilnya tidak maksimal, bagi mereka hal seperti itu biasa saja. Sama halnya dengan kemiskinan itu sendiri; miskin adalah jalan hidup dan tidak ada yang perlu dipermasalahkan.Padahal kemiskinan itu sendiri, juateru memperburuk kehidupan, baik saat ini maupun untuk masa yang akan datang.

Kalau kita menangkap esensi tulisan diatas, sebenarnya cara hidup kitalah yang bermasalah, penyebabnya karena kita tidak mendefenisikan Tujuan kita secara detail dan tidak melakukan pekerjaan kita secara professional. Selama ini kita menekuni pekerjaan itu, karena kita diberikan pekerjaan seperti itu. Dari awal kita memang tidak pernah mendesain hidup kita untuk jadi apa, dan tidak juga mendefinisikannya akan menjadi apa. Kita hanya sekedar melakoni kehidupan itu. Kita memang punya izasah dan dengan izasah itulah kita menggantungkan nasib kita entah jadi apa; dan nantinya kita juga akan menerima pekerjaan apa saja. Tidak peduli apakah pekerjaan itu sesuai dengan keinginan kita, yang ada hanyalah melakoni hidup itu dengan rutinas yang ada.

[rapbank type=category=”eBusiness and eMarketing“]

Kalau lingkungannya rajin, kita jadi rajin dan sebaliknya. Meski kita akui sebenarnya sangat sederhana, tetapi di situlah kelemahan kita selama ini. Padahal kalau saja kesadaran untuk mendefinisikan tujuan, memperbaiki atau meningkatkan kualitas serta melakukannya dengan sungguh-sungguh maka tentu akan lain hasilnya. Pertanyaan berikutnya tentu pada luasnya lahan; kalau kita perlu berubah, maka betapapun hebatnya kualitas panennya, tetapi kalau lahannya terbatas tentu hasilnya tetap akan terbatas. Karena itu harus ada upaya menambah lahan; dan kalau telah diperhitungkan dan ternyata sesuai maka yang dilakukan berikutnya adalah menyewa lahan yang lebih luas. Dialektika seperti itu akan bisa diterapkan dalam semua sendi kehidupan dan secara logika akan mampu pula membuat suatu perubahan.

Kondisi lain yang kerap muncul adalah ketika kita sadar semuanya sudah terlanjur sangat jauh. Katakanlah umur kita sudah diambang sore; ada semacam kecemasan bahwa kita bakal tidak mampu lagi untuk mengusung cita-cita kita yang semula.Terhadap fakta seperti itu, anda jangan berkecil hati. Yang penting pahamilah kedudukan yang ada, lalu buat kembali desain peta kehidupan anda yang baru. Pilihan anda tetap masih sangat banyak. Kalau dahulu pilihan itu sebenarnya diperuntukkan untuk kualitas manusia diatas rata-rata, sementara anda menyadari berada dibawah standar itu, maka yang diperlu disikapi adalah melakukan perubahan seperlunya; tidak perlu menjadi terbesar dan “the best “ di bidang seperti itu, tetapi anda masih bisa mencari standar cita-cita yang biasa tetapi anda kerjakan dengan sungguh-sungguh, dengan talenta.

Yang perlu disikapi adalah, masih ada banyak kemungkinan untuk anda; setidaknya anda masih punya kans untuk mampu meraih pendapatan sebesar atau lebih besar dari seperti yang anda impikan sebelumnya Kenapa tidak ?

COPYRIGHT

Wilayah Pertahanan.Com Web Site Agreement

The http://wilayahpertahanan.com Web Site (the “Site”) is an online information service provided by Wilayah Pertahanan.Com (“http://wilayahpertahanan.com “), subject to your compliance with the terms and conditions set forth below. PLEASE READ THIS DOCUMENT CAREFULLY BEFORE ACCESSING OR USING THE SITE. BY ACCESSING OR USING THE SITE, YOU AGREE TO BE BOUND BY THE TERMS AND CONDITIONS SET FORTH BELOW. IF YOU DO NOT WISH TO BE BOUND BY THESE TERMS AND CONDITIONS, YOU MAY NOT ACCESS OR USE THE SITE. http://wilayahpertahanan.com MAY MODIFY THIS AGREEMENT AT ANY TIME, AND SUCH MODIFICATIONS SHALL BE EFFECTIVE IMMEDIATELY UPON POSTING OF THE MODIFIED AGREEMENT ON THE SITE. YOU AGREE TO REVIEW THE AGREEMENT PERIODICALLY TO BE AWARE OF SUCH MODIFICATIONS AND YOUR CONTINUED ACCESS OR USE OF THE SITE SHALL BE DEEMED YOUR CONCLUSIVE ACCEPTANCE OF THE MODIFIED AGREEMENT.

1. Copyright, Licenses and Idea Submissions.

The entire contents of the Site are protected by international copyright and trademark laws. The owner of the copyrights and trademarks are http://wilayahpertahanan.com, its affiliates or other third party licensors. YOU MAY NOT MODIFY, COPY, REPRODUCE, REPUBLISH, UPLOAD, POST, TRANSMIT, OR DISTRIBUTE, IN ANY MANNER, THE MATERIAL ON THE SITE, INCLUDING TEXT, GRAPHICS, CODE AND/OR SOFTWARE. You may print and download portions of material from the different areas of the Site solely for your own non-commercial use provided that you agree not to change or delete any copyright or proprietary notices from the materials. You agree to grant to http://wilayahpertahanan.com a non-exclusive, royalty-free, worldwide, perpetual license, with the right to sub-license, to reproduce, distribute, transmit, create derivative works of, publicly display and publicly perform any materials and other information (including, without limitation, ideas contained therein for new or improved products and services) you submit to any public areas of the Site (such as bulletin boards, forums and newsgroups) or by e-mail to http://wilayahpertahanan.com by all means and in any media now known or hereafter developed. You also grant to http://wilayahpertahanan.com the right to use your name in connection with the submitted materials and other information as well as in connection with all advertising, marketing and promotional material related thereto. You agree that you shall have no recourse against http://wilayahpertahanan.com for any alleged or actual infringement or misappropriation of any proprietary right in your communications to http://wilayahpertahanan.com.

TRADEMARKS.

Publications, products, content or services referenced herein or on the Site are the exclusive trademarks or servicemarks of http://wilayahpertahanan.com. Other product and company names mentioned in the Site may be the trademarks of their respective owners.

2. Use of the Site.

You understand that, except for information, products or services clearly identified as being supplied by http://wilayahpertahanan.com, http://wilayahpertahanan.comdoes not operate, control or endorse any information, products or services on the Internet in any way. Except for http://wilayahpertahanan.com- identified information, products or services, all information, products and services offered through the Site or on the Internet generally are offered by third parties, that are not affiliated with http://wilayahpertahanan.com a. You also understand that http://wilayahpertahanan.com cannot and does not guarantee or warrant that files available for downloading through the Site will be free of infection or viruses, worms, Trojan horses or other code that manifest contaminating or destructive properties. You are responsible for implementing sufficient procedures and checkpoints to satisfy your particular requirements for accuracy of data input and output, and for maintaining a means external to the Site for the reconstruction of any lost data.

YOU ASSUME TOTAL RESPONSIBILITY AND RISK FOR YOUR USE OF THE SITE AND THE INTERNET. http://wilayahpertahanan.com PROVIDES THE SITE AND RELATED INFORMATION “AS IS” AND DOES NOT MAKE ANY EXPRESS OR IMPLIED WARRANTIES, REPRESENTATIONS OR ENDORSEMENTS WHATSOEVER (INCLUDING WITHOUT LIMITATION WARRANTIES OF TITLE OR NONINFRINGEMENT, OR THE IMPLIED WARRANTIES OF MERCHANTABILITY OR FITNESS FOR A PARTICULAR PURPOSE) WITH REGARD TO THE SERVICE, ANY MERCHANDISE INFORMATION OR SERVICE PROVIDED THROUGH THE SERVICE OR ON THE INTERNET GENERALLY, AND http://wilayahpertahanan.com SHALL NOT BE LIABLE FOR ANY COST OR DAMAGE ARISING EITHER DIRECTLY OR INDIRECTLY FROM ANY SUCH TRANSACTION. IT IS SOLELY YOUR RESPONSIBILITY TO EVALUATE THE ACCURACY, COMPLETENESS AND USEFULNESS OF ALL OPINIONS, ADVICE, SERVICES, MERCHANDISE AND OTHER INFORMATION PROVIDED THROUGH THE SERVICE OR ON THE INTERNET GENERALLY. http://wilayahpertahanan.com DOES NOT WARRANT THAT THE SERVICE WILL BE UNINTERRUPTED OR ERROR-FREE OR THAT DEFECTS IN THE SERVICE WILL BE CORRECTED.

YOU UNDERSTAND FURTHER THAT THE PURE NATURE OF THE INTERNET CONTAINS UNEDITED MATERIALS SOME OF WHICH ARE SEXUALLY EXPLICIT OR MAY BE OFFENSIVE TO YOU. YOUR ACCESS TO SUCH MATERIALS IS AT YOUR RISK. http://wilayahpertahanan.com HAS NO CONTROL OVER AND ACCEPTS NO RESPONSIBILITY WHATSOEVER FOR SUCH MATERIALS.

LIMITATION OF LIABILITY

IN NO EVENT WILL http://wilayahpertahanan.com BE LIABLE FOR (I) ANY INCIDENTAL, CONSEQUENTIAL, OR INDIRECT DAMAGES (INCLUDING, BUT NOT LIMITED TO, DAMAGES FOR LOSS OF PROFITS, BUSINESS INTERRUPTION, LOSS OF PROGRAMS OR INFORMATION, AND THE LIKE) ARISING OUT OF THE USE OF OR INABILITY TO USE THE SERVICE, OR ANY INFORMATION, OR TRANSACTIONS PROVIDED ON THE SERVICE, OR DOWNLOADED FROM THE SERVICE, OR ANY DELAY OF SUCH INFORMATION OR SERVICE. EVEN IF http://wilayahpertahanan.com OR ITS AUTHORIZED REPRESENTATIVES HAVE BEEN ADVISED OF THE POSSIBILITY OF SUCH DAMAGES, OR (II) ANY CLAIM ATTRIBUTABLE TO ERRORS, OMISSIONS, OR OTHER INACCURACIES IN THE SERVICE AND/OR MATERIALS OR INFORMATION DOWNLOADED THROUGH THE SERVICE. BECAUSE SOME STATES DO NOT ALLOW THE EXCLUSION OR LIMITATION OF LIABILITY FOR CONSEQUENTIAL OR INCIDENTAL DAMAGES, THE ABOVE LIMITATION MAY NOT APPLY TO YOU. IN SUCH STATES, http://wilayahpertahanan.com LIABILITY IS LIMITED TO THE GREATEST EXTENT PERMITTED BY LAW.

http://wilayahpertahanan.com makes no representations whatsoever about any other web site which you may access through this one or which may link to this Site. When you access a non-http://wilayahpertahanan.com web site, please understand that it is independent from http://wilayahpertahanan.com, and that http://wilayahpertahanan.com has no control over the content on that web site. In addition, a link to a http://wilayahpertahanan.com web site does not mean that http://wilayahpertahanan.com endorses or accepts any responsibility for the content, or the use, of such web site.

3. Indemnification.

You agree to indemnify, defend and hold harmless http://wilayahpertahanan.com, its officers, directors, employees, agents, licensors, suppliers and any third party information providers to the Service from and against all losses, expenses, damages and costs, including reasonable attorneys’ fees, resulting from any violation of this Agreement (including negligent or wrongful conduct) by you or any other person accessing the Service.

4. Third Party Rights.

The provisions of paragraphs 2 (Use of the Service), and 3 (Indemnification) are for the benefit of http://wilayahpertahanan.com and its officers, directors, employees, agents, licensors, suppliers, and any third party information providers to the Service. Each of these individuals or entities shall have the right to assert and enforce those provisions directly against you on its own behalf.

5.Term; Termination.

This Agreement may be terminated by either party without notice at any time for any reason. The provisions of paragraphs 1 (Copyright, Licenses and Idea Submissions), 2 (Use of the Service), 3 (Indemnification), 4 (Third Party Rights) and 6 (Miscellaneous) shall survive any termination of this Agreement.

6.Miscellaneous.

This Agreement shall all be governed and construed in accordance with the laws of Indonesia applicable to agreements made and to be performed in Indonesia. You agree that any legal action or proceeding between http://wilayahpertahanan.com and you for any purpose concerning this Agreement or the parties’ obligations hereunder shall be brought exclusively in a federal or state court of competent jurisdiction sitting in Indonesia . Any cause of action or claim you may have with respect to the Service must be commenced within one (1) year after the claim or cause of action arises or such claim or cause of action is barred. http://wilayahpertahanan.com’s failure to insist upon or enforce strict performance of any provision of this Agreement shall not be construed as a waiver of any provision or right. Neither the course of conduct between the parties nor trade practice shall act to modify any provision of this Agreement. http://wilayahpertahanan.com may assign its rights and duties under this Agreement to any party at any time without notice to you.

Any rights not expressly granted herein are reserved.

COPYRIGHT NOTICE.© 1999-2009 PriorityDigital.com Prepared for: http://wilayahpertahanan.com ,All rights reserved.

Leave a Reply