Faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI.!!

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI.  Posisi silang Indonesia yang sangat strategis  Kekayaan alamnya yang selalu menjadi incaran bangsa-bangsa lain.  Struktur geografisnya sebagai negeri kepulauan dengan pantai yang sangat panjang dan ”poros” dan laut yang terbuka lebar di antaranya, yang dengan demikian mudah menjadi tujuan subversi, intrusi, penyelundupan dan lain-lain.  Penduduk yang besar jumlahnya, dengan struktur kependudukan yang tidak merata antara Indonesia bagian barat dan bagian timur dengan perkembangan yang juga tidak merata.  Banyaknya persoalan-persoalan dalam negeri, baik persoalan horizontal antar daerah, maupun vertikal antara daerah maupun pusat, maupun antar lembaga-lembaga negara dipusat dan didaerah.  Indonesia masih dalam tahap ”transformasi” dan reformasi yang membawa akibat-akibat positif dan negatif terhadap kemantapan ketahanan nasional, baik karena peralihan kekuasaan/kewenangan negara, maupun karena proses demokratisasi, dan lain-lain.  Situasi ekonomi dan keuangan Indonesia yang masih sangat terbatas untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan penegakan keamanan, baik di darat, laut, maupun diudara.  Berbagai-bagai permasalahan perbatasan, baik darat, laut, termasuk dasar laut, dan udarayang mewajibkan Indonesia mau tidak mau harus meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanannya untuk memantapkan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI.

Click here for more >>

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan ketahanan nasional

Blue Ocean Strategy !!

Masalah keterbatasan anggaran sebenarnya adalah sebuah fakta yang lumrah. Di negara maju saja hal seperti itu bisa terjadi. Yang membedakannya adalah bagaimana Kementerian Pertahanannya mensiasati kondisi riel yang ada demi keuntungan bagi system pertahanan itu sendiri. Ketika Amerika mengalami hal seperti itu. Mereka mensiasatinya. Upaya Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) untuk menyiasati minimnya anggaran pertahanan tersebut bisa ditiru. Siasat ini dijadikan

Click here for more >>

Warning: Illegal string offset 'disable_postoptin_global' in /home3/harmen/public_html/wp-content/plugins/premium-list-magnet/plm.php on line 1220

Oleh:  Prof.Dr. Hasjim Djalal, MA

6.  Faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI.

  • Posisi silang Indonesia yang sangat strategis
  • Kekayaan alamnya yang selalu menjadi incaran bangsa-bangsa lain.
  • Struktur geografisnya sebagai negeri kepulauan dengan pantai yang sangat panjang dan ”poros” dan laut yang terbuka lebar di antaranya, yang dengan demikian mudah menjadi tujuan subversi, intrusi, penyelundupan dan lain-lain.
  • Penduduk yang besar jumlahnya, dengan struktur kependudukan yang tidak merata antara Indonesia bagian barat dan bagian timur dengan perkembangan yang juga tidak merata.
  • Banyaknya persoalan-persoalan dalam negeri, baik persoalan horizontal antar daerah, maupun vertikal antara daerah maupun pusat, maupun antar lembaga-lembaga negara dipusat dan didaerah.
  • Indonesia masih dalam tahap ”transformasi” dan reformasi yang membawa akibat-akibat positif dan negatif terhadap kemantapan ketahanan nasional, baik karena peralihan kekuasaan/kewenangan negara, maupun karena proses demokratisasi, dan lain-lain.
  • Situasi ekonomi dan keuangan Indonesia yang masih sangat terbatas untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan penegakan keamanan, baik di darat, laut, maupun diudara.
  • Berbagai-bagai permasalahan perbatasan, baik darat, laut, termasuk dasar laut, dan udara yang mewajibkan Indonesia mau tidak mau harus meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanannya untuk memantapkan ketahanan nasional dalam menjaga keutuhan NKRI.
  • Persepsi dunia luar terhadap Indonesia yang kadang-kadang ada yang tidak terlalu positif, seperti :
    • kerusakan lingkungan terutama hutan, yang sangat cepat,
    • sering terjadinya kekerasan,
    • keragu-raguan atau ketidak mampuan Pemerintah bertindak tegas menghadapi persoalan,
    • salah satu dari negara yang paling korup di dunia (No.5),
    • penguasa yang sering menyalahgunakan kewenangan,
    • terlalu sering terjadi bencana, baik yang di buat manusia ataupun karena alam,
    • banyak kejahatan dan bajak laut, dan lain-lain.
  • Berkembangnya proses globalisasi di dunia, baik di bidang ekonomi, ideologi, maupun transportasi/komunikasi.

7.    Beberapa hal kiranya perlu mendapat perhatian dalam melihat masa depan, antara lain:

  • Dimana perimeter pertahanan Indonesia dewasa ini kelaut maupun ke udara dan apa yang perlu dilakukan untuk mengamankan perimeter tersebut.
  • Bagaimana masa depan Indonesia lima puluh tahun kedepan, pada saat mana kekayaan alam Indonesia seperti migas, hutan, pertanian dan bahan tambang lainnya telah terkuras, sejalan dengan pertambahan penduduk Indonesia yang pada waktu itu mungkin akan mencapai sekitar lima ratus juta manusia, disertai oleh kerusakan lingkungan, khususnya polusi air dan udara.
  • Barangkali ada baiknya kita/ Golkar mempelajari ajaran 4 modernisasi Deng Xiaoping pada akhir tahun 1970-an yang di perlukan oleh China dalam menghadapi Globalisasi dan penduduknya yang terbesar di dunia, yaitu modernisasi di bidang pertanian, perindustrian, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, dan pertahanan, dengan tahap-tahap pencapaian tertentu.(Habis)

 

Related Blogs

 

Related Blogs

 

Related Blogs

 

Related Blogs


Related Blogs

    One Response to “Faktor-faktor yang mempengaruhi pemantapan ketahanan nasional”

    Leave a Reply