Tes Prajurit

Tes Prajurit

aprajuritaBa35

Banyak pemuda indonesia sesungguhnya ingin menjadi anggota TNI, karena menjadi prajurit TNI memang menarik dan membanggakan. Kenapa tidak? Di samping bisa mengabdi pada Nusa dan Bangsa, prajurit memperoleh penghargaan tersendiri dari warga masyarakat. Prajurit menerima berbagai layanan keprajuritan seperti, perumahan, tunjangan keluarga, tunjangan operasi, jabatan, rawatan kesehatan, tunjangan perumahan, tunjangan hari tua, dan asuransi jiwa. Di samping itu, dan yang tidak kalah menariknya adalah pembinaan prajurit TNI itu sendiri. TNI adalah salah satu institusi yang membina prajuritnya secara berlanjut, berjenjang, dan membanggakan. Pembinaan dan pendidikan yang mengajarkan kepemimpinan secara sistematis dan sudah teruji di indonesia. Praktis hidup seorang prajurit adalah rangkaian pendidikan, penugasan, pelatihan dan operasi.

Tetapi ternyata untuk masuk jadi prajurit TNI itu tidak mudah. Tidak mudah dalam artian, kalau anda memang tidak cocok jadi prajurit maka itu akan langsung ketahuan. Tidak cocok disini bisa karena faktor psikologis atau kejiwaaan, faktor kesehatan, intelektualitas, dan postur tubuhnya sendiri. Secara fisik sesorang calon prajurit bisa terlihat gagah, tetapi begitu diuji dan di test kesehatan dan kemampuan ideologi dan intelektualnya ternyata memang dia tidak cocok jadi prajurit TNI. Nah yang lebih parah lagi, banyak para calon prajurit itu sesungguhnya tidak jelas dan tidak tahu bagaimana sebenarnya proses seleksi itu dilakukan. Apa saja sebenarnya yang perlu dipersiapakan agar bisa lolos seleksi jadi prajurit TNI itu.

aprajuritaBaD22
Buku ini dimaksudkan sebagai panduan sederhana dalam mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk Prajurit baik TNI dan secara umum untuk semua tingkatan baik Perwira, Bintara serta Tamtama. Karena pada dasarnya, standar tes Seleksi Masuk Prajurit TNI adalah relatif sama di semua Angkatan, antara lain : Akademi TNI (Akmil, AAL, AAU) dan Akpol, Perwira Prajurit Karier (Pa PK TNI), Sekolah Penerbang TNI Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) , Mahasiswa Beasiswa Ikatan Dinas TNI, Bintara Prajurit Karier TNI (AD/AL/AU/Pol), Tamtama Prajurit Karier TNI (AD/AL/AU) dan Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara) dan Polwan, yang membedakan adalah pada ke khususannya masing-masing satuan dan tingkatan atau levelnya sendiri.

Fakta menunjukkan bahwa banyak sekali Peserta Tes yang gagal atau tidak lulus dalam tes penerimaan Prajurit TNI, karena mereka memang tidak tahu mau apa? Bisa dibayangkan, tanpa mengetahui cara dan ragam materi yang akan diujikan tentu Anda pasti kecut dan frustrasi. Walaupun sebenarnya Anda memenuhi standar untuk menjadi Prajurit TNI., tetapi karena tidak tahu apa-apa ya malah bingung nggak karuan. Buku ini diharapkan dapat memberi peluang yang lebih baik untuk mengembangkan bakat atau potensi yang dimiliki secara maksimal untuk bisa mengikuti tes, Anda diharapkan bisa lebih siap dalam mempersiapkan diri.

Buku Ini Cocok dan pasti disukai anak muda yang ingin Jadi Prajurit TNI

SudjiwoSewaktu masih aktif dahulu saya sering dimintakan saran dan bantuan untuk membantu memasukkan ponakan, anak tetangga atau siapa sajalah dari kampung yang ingin masuk tentara. Umumnya mereka memang buta tentang cara mengikuti seleksi prajurit TNI. Apalagi bahan atau segala sesuatunya yang harus mereka persiapkan. Tetapi karena ingin membantu, terpaksalah saya harus menjelaskan tata cara mengikuti tes prajurit. Dan hal seperti itu terus belanjut. Dua bulan yang lalu saya melihat buku “Persiapan Mengikuti Tes Masuk Prajurit TNI. Sungguh isinya benar-benar sesuai dengan proses seleksi tes itu sendiri. Saya beli sepuluh buah dan saya kirimkan ke kampung. Eh ternyata laris sekali. Lalu saya sebutkan agar mereka langsung beli saja lewat Nulisbuku.com atau Beli Di Sini.

– Drs Sudjijo
Kolonel – Purna Tugas

Memang banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak lulus / gagal dalam tes penerimaan Prajurit TNI, namun salah satu faktor penyebab yang paling menonjol adalah karena pada umumnya mereka tidak memiliki pengetahuan yang benar dan cukup tentang seleksi tersebut. Bisa dibayangkan, jika dalam mengikuti seleksi tanpa bekal pengetahuan yang memadai, maka sudah pasti seleksi Anda hanya bisa bersifat pasrah dan untung-untungan. Padahal jika seandainya Anda mempunyai pengetahuan tentang seleksi, maka hasilnya akan lebih baik karena mempunyai kesempatan mempersiapkan diri secara lebih optimal sehingga kemungkinan lulus jadi lebih besar.
Persyaratan administrasi adalah mutlak. Anda dituntut untuk bisa melengkapi dan menyerahkannya secara lengkap pada waktunya. Apabila tidak lengkap jangan harap Anda akan dapat panggilan dari panitia untuk melaksanakan tes berikutnya. Oleh karena itu, hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari informasi yang dibutuhkan melalui media massa atau website resmi TNI di tiap-tiap angkatan. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi maka jangan sungkan atau ragu dengan mendatangi satuan TNI terdekat, datanglah ke Bagian Personel di instansi TNI tersebut dan tanyakan informasi yang Anda perlukan. Kalau cara Anda baik, pasti Anda dilayani dengan baik pula.

Coba perhatikan Daftar isi buku ini, dengan jumlah halaman sampai 322 halaman. Selamat mencoba. Anda pasti bisa.

Daftar Isi
Kata Pengantar
Sekapur Sirih
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
1.1 Seleksi Masuk Prajurit TNI
1.2 Kenapa Buku Ini Ditulis
1.3 Buat Siapa Buku Ini Ditulis
1.4 Ruang Lingkup dan Tata Urut
1.5 Daftar Istilah
BAB II Persyaratan Mengikuti Tes Masuk Prajurit TNI
2.1 Apakah kesehatan Anda memenuhi syarat jadi prajurit TNI
2.2 Persyaratan umum jadi prajurit TNI
2.3 Pendaftaran Tantama
2.4 Tempat Pendaftaran
2.5 Persyaratan Tantama PK
2.6 Pendaftaran Bintara
2.7 Persyaratan Tambahan
2.8 Cara pendaftaran
BAB III Persiapan mengikuti Tes Kesemaptaan Jasmani
3.1 Samapta A
3.2 Samapta B
3.2.1 Gerakan Push Up
3.2.2 Gerakan Sit Up
3.2.3 Gerakan Pull Up
3.2.4 Gerakan Shuttle Run
BAB IV Persiapan Mengikuti Tes Mental Ideologi
4.1 Proses pembentukan Mental Ideologi
4.2 Butir-butir Pancasila
4.3 Ancaman Terhadap Pancasila
4.4 Panca Sila senagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.5 Panca Sila dalam pendidikan Nasional
4.6 Pengertian dan Contoh dari tiap sila Panca Sila
4.7 Contoh soal pengetahuan umum dan Mental Ideologi
4.8 Contoh soal Ideologi Negara dan jawabannya
4.9 Contoh soal Sejarah Nasional
4.10 Contoh soal UUD 1945 dan Amandemen
4.11 Contoh soal Tata Negara
4.12 Contoh soal Kebijakan Negara
BAB V Persiapan mengikuti Tes Psikologi
5.1 Tes yang paling ditakuti
5.2 Wawancara Dalam Psikotes
5.3 Tes Psikologi masuk prajurit TNI
5.3.1 Tes Logika Aritmatika
5.3.2 Tes Logika Penalaran
5.3.3 Tes Analog Verbal
5.3.4 Tes Kraplien/Pauli
5.3.5 Tes Wartegg
5.3.6 Baum Test atau Menggambar Pohon
5.3.7 Draw a Man Test
5.3.8 Army Alpha Inteligence Test
5.3.9 Edward Personal Preference Schdule (EPPS)
5.3.10 Tes Menggambar Rumah, Pohon dan Orang
5.4 Menyiapkan Kondisi Fisik dan Kemampuan
5.5 Menyiapkan perangkat yang diperlukan
5.6 Contoh soal Tes Integritas dan Kejujuran
5.7 Contoh soal Psikologi Umum
5.8 Contoh soal Tes Bakat Skolastik dan Kuantitatif
5.9 Contoh soal Tes Perbandingan
BAB VI Mantapkan Persiapan Secara Maksimal
6.1 Jangan Terpengaruh Isu Negatif
6.2 Anda Perlu Proaktif
6.3 Bagi Mareka Yang Sedang Berjuang
6.4 Nasehatku Bagi Para Calon Prajurit TNI

Lulus Tapi Tidak Diterima

Bisa jadi semua informasi yang Anda perlukan sudah didapat dan benar. Bisa terjadi nilai Anda sudah lumayan bagus, namun tetap saja tidak lolos, hal ini di karenakan nilai peserta lain lebih tinggi daripada nilai Anda. Oleh karena itu Anda harus mengetahui berapa nilai maksimal yang bisa Anda peroleh pada tes tahap tertentu. Karena itu untuk amannya Anda harus punya target. Kalau misalnya calon yang akan diterima jumlahnya hanya 200 orang, maka nilai Anda harus bisa mencapat “the best 100”. Karena Anda harus berpikir bahwa “the best 100” adalah angka yang aman. Alasannya TNI juga akan sangat memerlukan personel yang punya nilai baik, tetapi juga kadang mereka punya kebijakan affirmasi pada saat penerimaan. Misalnya adanya pengaruh kebijakan dan pertimbangan lain, misalnya memberikan prioritas pada daerah tertentu, sehingga meski nilainya agak kurang tetapi bisa saja harus di luluskan dsbnya.
Saya sendiri adalah mantan prajurit, dan selama pengabdian 30 tahun dalam kedinasan sering juga membantu saudara atau anak sahabat dalam mempersiapkan diri mereka yang ingin masuk atau menjadi prajurit TNI. Tetapi memang pada umumnya mereka buta sama sekali tentang seleksi masuk prajurit TNI. Karena itu saya berusaha mengumpulkan bahan / materi dari berbagai sumber sesuai keahlian / bidangnya masing-masing yang terkait dengan Tes Penerimaan Prajurit TNI sehingga isi dari Buku ini cukup memadai dan diharapkan dapat berguna bagi siapa saja yang akan melaksanakan persiapan mengikuti seleksi penerimaan Prajurit TNI. Pada awalnya bentuknya sangat sederhana dan hanya saya berikan pada mereka untuk dibaca dan ternyata kata mereka “catatan-catatan” ini sangat bermanfaat bagi mereka. Itulah awal mulanya buku ini dibuat.
Meski demikian bukan berarti bahwa dengan memiliki Buku ini Anda akan punya suatu jaminan buat Anda untuk lulus dalam seleksi masuk Prajurit TNI. Saya sebatas berusaha memberikan informasi tentang inspirasi dan semangat, juga bentuk, tahapan, contoh dan standar tes penerimaan Prajurit TNI. Selebihnya yang akan menentukan lulus / tidaknya Anda dalam tes penerimaan Prajurit TNI adalah diri Anda sendiri, serta Izin dari yang maha kuasa. Sebab jangan lupa jadi prajurit itu juga adalah panggilan jiwa, restu dari orang tua dan izin sang pemilik alam.

Nasehatku Bagi Para Calon Prajurit TNI

Memang harus diakui niat saja sesungguhnya baru merupakan modal awal yang baik. Tetapi yang sangat menentukan tentunya adalah strategi dan taktik untuk bisa lolos menjadi prajurit TNI itu sendiri. Kau harus berupaya maksimal, tapi upayanya harus secara total. Kuasai ilmunya, latih fisik secara spartan dan iringi dengan Doa. Selebihnya pasrahkan pada yang maha kuasa. Bisa jadi DIA punya sesuatu yang lebih baik untukmu.

aprajuritaBaD22

Anda Dapat Beli Sekarang Di Sini

abuy

Leave a Reply